Ditulis oleh Reno Weka pada 20 Oct 2010 (17 hours ago)
Sumber: teknoup.com

Android telah melejit pesat semenjak awal peluncurannya, hal ini dikarenakan sistem operasi besutan Google tersebut sangat terbuka dan berhasil mengundang banyak vendor dan pengembang untuk percaya padanya. Ternyata hal ini juga berlaku pada jaringan periklanan, Android baru-baru ini dilaporkan oleh Millenia Media memperoleh pendapatan lebih banyak dari iPhone pada periklanan.

Menurut data Millenia Media, hal ini diraih karena dukungan Motorola melalui Motorola Droid/Milestone keluarannya dan ditambah dengan Samsung sebagai produsen ponsel kedua terbesar di Dunia. Itu baru 2 merek ponsel Android, jadi bila ditambahkan dengan seluruh ponsel Android yang ada, maka jumlah pendapatan Apple berada di bawah ponsel Android. Apple mengantongi 30.22% total pendapatan periklanan.

 

 

 

 

Namun perlu diingat bahwa produk Apple tersebut masih belum termasuk pada iPod Touch dan iPad, ditambah lagi total pendapatan iPhone murni masuk ke kantong Apple sedangkan ponsel Android memiliki banyak produsen dibelakangnya. Ponsel lain seperti RIM juga demikian, lima ponsel besutan RIM masuk kedalam jajaran 20 ponsel pintar papan teratas, namun RIM hanya mengantongi 12.6% total pendapatan melalui jaringan periklanan.

Sony Ericsson hanya menduduki peringkat kedelapan, angka ini didukung oleh Xperia X10 yang telah masuk ke urutan 20 ponsel teratas selama dua bulan. Angka ini bisa dibilang tidak dapat menjadi patokan yang berarti bagi pangsa pasa ponsel sesungguhnya, namun bisa menjadi bahan penilaian kesuksesan masing-masing platform untuk mendapatkan penghasilan dari periklanan. Semakin baiknya suatu platform dapat meningkatkan kualitas aplikasi dan mendatangkan banyak pengiklan.