oleh Dedy Gunanto

Bagi anda yang pernah menggunakan VirtualBox untuk menjalankan Sistem Operasi lain, mungkin menemukan pertanyaan bagaimana cara menambah ukuran dari Hard Disk di VirtualBox. Dan sayangnya memang belum ada cara untuk memperbesar ukuran Hard Disk Virtual di VirtualBox. Tetapi ada trik khusus untuk memperbesar Hard Disk Virtual kita. Ada dua cara, yaitu:

  1. Menambah Drive Baru ke OS kita (Contoh Windows XP)
  2. Mount Drive Baru ke folder yang kita tuju.

Untuk mudahnya, kita praktekin langsung sehingga 2 pilihan di atas bisa kita pilih sesuai dengan keinginan anda sendiri. Caranya:

- Buka atau nyalakan VirtualBox anda.
- Untuk membuat Drive Virtual baru, pilih menu File -> Virtual Disk Manager.
- Pada tab Hard Disk, klik tombol Baru / New (penulis menggunakan bahasa Indonesia)
- Pilih Next, dan untuk Tipe Image silakan anda pilih Image Dinamis (disarankan).
- Atur nama file nya sesuai yang anda inginkan, misalnya : DiskBaru.vdi dan ukuran Imagenya misalkan 5,00 GB
gambar-layar

- Kemudian klik tombol Finish. Maka anda akan melihat tampilan DiskBaru.vdi pada daftar Hard Disks anda. Klik tombol OK.
- Pastikan OS Windows XP yang anda tuju sudah di Shutdown terlebih dahulu. Kemudian klik link Hard Disk pada tab Detail di layar utama VirtualBox.
- Kemudian klik tombol yang bertitle “Add a new hard disk attachment” (Tombol yang berwarna biru dan memiliki tanda plus), dan anda akan melihat DiskBaru.vdi menjadi IDE Slave, jika tidak, maka anda tinggal pilih dari menu tersebut. Klik tombol OK.
- Selanjutnya, anda pilih OS Windows XP anda, dan klik tombol Start / Mulai.
- Setelah anda masuk Windows XP, maka WinXP akan mendeteksi sebuah Hard Disk baru (WinXP mengenalnya dengan nama VBOX HARDDISK) dan langsung menginstall drivernya. Untuk melihatnya, silakan anda pilih menu Start -> Control Panel lalu pilih icon Administrative Tools -> Computer Management.
- Pada akar Storage pilih Disk Management, dan akan muncul tampilan dialog “Initialize and Convert Disk Wizard”.
- Beri tanda cek pada Daftar Disk1 di list Disks kemudian klik tombol Next.
- Beri tanda kembali cek Disk1 yang akan di convert, lalu klik tombol Next. Lalu klik tombol Finish.
- Pada jendela Computer Management Klik kanan pada Disk1 (lihat gambar berikut), dan pilih menu New Volume.
gambar-layar-1

- Pada dialog New Volume Wizard, klik tombol Next, dan pilh Simple pada pilihan Volume Type. Klik tombol Next.
cm11

- Pastikan anda memilih Disk1 pada pilihan Select Disk. Dan pilih tombol Next.
- Langkah selanjutnya, anda melakukan 2 pilihan pada pilihan di atas tadi. Pada jendela New Volume Wizard, anda dipersilahkan memilih untuk membuat drive letter baru atau mount ke folder tertentu. Jika anda menginginkan untuk menambahkan Driver Letter baru, silakan anda pilih Assign the Following Driver Letter (Misal E). Dan jika anda ingin menambahkan kapasitas dari suatu folder, maka anda pilih pilihan ke 2, yaitu : Mount in The Following Empty NTFS Folder, silakan anda pilih folder yang anda tuju.
- Pada contoh kali ini, penulis ingin Mount ke Folder “C:\Program Fileku”, ketikkan folder tersebut, atau anda pilih tombol Browse.
cm2

- Setelah itu, anda akan diminta pertanyaan untuk memformat Hard Disk baru ini, pilih “Format this volume with the following settings” dan pada Volume Label ketikkan “Program FileKu”, jangan lupa memberi tanda cek pada option “Perform a quick format”. Dan klik tombol Next dan Finish.
cm3

- Setelah itu, anda bisa mengeceknya dengan membuka Windows Explorer. Dan anda akan melihat sebuah Folder Baru yang bernama “Program FileKu” yang memiliki ikon Drive.
cm4

- Folder ini bisa anda gunakan untuk menginstall program baru anda selain dari folder Program Files. Selesai
- Semoga Bermanfaat.

About these ads